Seni Rupa Murni dan Terapan

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni(fine art) adalah sebuah cabang seni yang menghasilkan karya dengan mementingan keindahan estetisnya hanya untuk dinikmati keindahannya saja, atau ekspresi jiwa seperti lukisan. Dapat juga diartikan sebagai karya seni rupa yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan alam benda hias.

Contoh Seni Rupa Murni :


1. Patung
merupakan ekspresi dari jiwa manusia. Orang yang membuat patung biasanya berbentuk visual yang membentuk tiga dimensi. Tujuang utama dari membuat patung adalah keindahan. Pada umumnya patung berbentuk manusia, hewan, dan lain sebagainya.  Seperti patung-patung di candi borobudur, di pura-pura, atau di tempat-tempat sejarah lainnya.

2. Lukisan 
adalah sebuah seni yang sengaja dibuat dengan cara menggoreskan cat dengan kuas, atau dengan peralatan lain. Media melukis ada berbagai macam, contohnya adalah kanvas dan keramik
3. Seni grafis 
adalah bagian dari seni rupa murni yang sekaligus seni rupa terapan. Kegunaannya diperuntukkan sebagai sarana ilustrasi maka merupakan seni rupa terapan.
4. Seni fotografi
adalah jenis seni rupa murni yang berkembang karena kemajuan teknologi kamera. Fotografi banyak disukai oleh banyak kalangan sebagai media mengekspresikan diri.
5. Ukiran Kayu
Sesuai dengan namanya, Ukiran kayu berarti sebuah karya seni yang diproses atau dibuat pada media kayu. Ukiran kayu adalah sebuah karya seni murni dimana seniman mengolah permukaan suatu objek dengan membuat perbedaan ketinggian dari permukaan tersebut.


Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan(applied art) adalah karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mana mengandung nilai fungsi tertentu di samping nilai seni yang dimilikinya.  


Contoh Karya Seni Rupa Terapan :

1. Dekorasi 
Dalam sebuah acara, dekorasi ruangan memegang peranan penting dalam keberlangsungan sebuah perhelatan. Dekorasi dirancang dengan berpagut pada nilai-nilai estetis sekaligus menunjang bagaimana jalannya acara agar dapat berlangsung dengan baik. 
2. Pakaian
Pakaian merupakan benda yang paling sering kita pakai dan merupakan hal yang paling menonjol dari kita selain penampilan tubuh.
3. Senjata Tradisional
Di beberapa tempat, senjata tradisional masih digunakan. Biasanya senjata tradisional ini digunakan untuk berburu. Senjata tradisional pun mengandung unsur seni yang berbeda-beda sehingga memiliki ciri khas pada setiap jenisnya.
4. Peralatan atau perabotan rumah tangga 
memiliki beragam fungsi. Contohnya kursi, meja, lemari, tempat tidur, dan lain-lain. Selain itu, untuk membuat rumah menjadi semakin indah sehingga pemiliknya betah, maka peralatan rumah tersebut diberikan unsur seni yang sesuai dengan kesukaan pemilik rumah tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lima Macam Pembagian Seni

Lima Macam Gambar Bentuk

Pembagian Seni Rupa Berdasarkan Bentuknya